Sehubungan adanya pembatasan aktivitas dan akses transportasi yang dilakukan oleh beberapa Pemerintah Kota atau Pemerintah Daerah dalam menangani, mengendalikan dan menanggulangi Corona Virus Disease (COVID-19) ,  bersama ini di informasikan bahwa untuk sementara waktu tidak dapat menjanjikan penyampaian kiriman serta ketersediaan produk. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 

Sambal Colo-colo, Si Sedap yang Selalu Ada di Hidangan Maluku Utara

Nah, berikut ini merupakan sambal khas Maluku Utara dan Maluku bernama colo-colo. Colo-colo merupakan sambal sederhana dengan ciri khas lebih segar karena menggunakan bahan-bahan segar atau mentah.

Sambal colo-colo sangat terkenal pedas. Selain itu, aromanya wangi karena ada penambahan jeruk nipis dan daun kemangi. Dalam beberapa penyajian ada jua penambahan kecap.

Di tempat asalnya, sambal colo-colo biasa disajikan dengan menu olahan ikan, ikan komu asar misalnya. Ikan asap ini sangat cocok dimakan dengan nasi putih hangat-hangat ditambah dengan sambal colo.

Kamu juga bisa membuat sambal colo-colo di rumah. Berikut Merahputih.com sajikan resep mudah sambel colo-colo, dikutip Cookpad. 

Bahan-bahan :

  • Cabai rawit sesuai selera
  • 2 buah tomat
  • 7 bawang merah
  • 3 jaruk nipis
  • 3 kecap manis
  • Secukupnya daun kemangi

Langkah – langkah :

  1. Iris tipis bawang merah, cabai rawit
  2. Iris tomat menjadi dadu-dadu kecil
  3. Iris pula daun kemangi
  4. Campurkan semua irisan tadi kedalam wadah mangkok kemudian jeruk nipis atau lemon diiris dan diambil airnya, tambahkan kecap manis dan aduk rata
  5. Sambel colo-colo siap disajikan dengan ikan goreng atau bakar

 

SUMBER : https://merahputih.com/post/read/sambal-colo-colo-si-sedap-yang-selalu-ada-di-hidangan-maluku-utara