Sehubungan adanya pembatasan aktivitas dan akses transportasi yang dilakukan oleh beberapa Pemerintah Kota atau Pemerintah Daerah dalam menangani, mengendalikan dan menanggulangi Corona Virus Disease (COVID-19) ,  bersama ini di informasikan bahwa untuk sementara waktu tidak dapat menjanjikan penyampaian kiriman serta ketersediaan produk. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 

Resep Timlo Khas Solo

Jika disinggung soal kuliner khas Solo, kebanyakan orang-orang biasanya langsung terpikirkan hidangan selat solo ataupun serabi solo. Padahal, salah satu hidangan khas Solo yang juga tidak kalah lezat ialah timlo. Hidangan segar khas Solo satu ini, hadir dalam bentuk sop yang berkuah banyak dengan beragam isian. Mulai dari potongan ayam, potongan ampela atau ati ayam, sosis Solo, soun, hingga kembang tahu.


Timlo hadir dengan menawarkan cita rasa sama seperti hidangan sop pada umumnya yakni tidak ada rasa rempah yang menonjol seperti masakan gulai. Di Solo sendiri seperti disebutkan dalam “80 Warisan Kuliner Nusantara” yang disusun oleh Semijati Purwadaria, ada jenis timlo yang bernama Timlo Sastro, yakni timlo yang lebih simpel dengan tambahan adanya telur pindang.

Jika agak susah untuk menemukan kedai atau restoran yang menjajakan timlo khas Solo ini, jangan khawatir karena timlo ini bisa kok dibuat sendiri di rumah. Seperti apa resepnya? Simak dulu penjelasannya di bawah ini.

 

 

Bahan-bahan;

4 buah sosis Solo (adonan daging yang dibungkus dengan dadar telur, lalu dikukus)

4 pasang hati ampela ayam

350ml air

2 siung bawang putih, dihaluskan

½ sendok teh garam

½ sendok teh merica bubuk

1 sentimeter jahe, dimemarkan

2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya


Kuah :

Bahan-bahan

1500ml air

1 buah paha ayam atas bawah

2 siung bawang putih, diiris tipis

3 butir bawang merah, diiris tipis

1 batang daun bawang, dipotong 1 sentimeter

2 sendok teh garam

½ sendok teh merica bubuk

½ sendok teh gula pasir

2 sendok teh kecap asin

1 sendok makan minyak untuk menumis



Sambal kecap :

10 buah cabai rawit merah, dihaluskan

50ml kecap manis



Bahan pelengkap :

2 butir pindang telur kecap

2 sendok makan bawang merah goreng, untuk taburan

 

 

Cara membuat :

1. Rebus hati ampela ayam, air, bawang putih, garam, merica bubuk, jahe, dan daun jeruk hingga matang, angkat lalu tiriskan, potong-potong

2. Kuah: Rebus ayam dan air sampai empuk, angkat lalu potong-potong, rebus kembali. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Tuang ke rebusan, lalu masukkan garam, merica bubuk dan gula pasir, masak sampai matang lalu tambahkan daun bawang, aduk merata

3. Tata hati ampela, sosis Solo, dan potongan pindang telur kecap dalam wadah saji, siram dengan kuah, baru taburkan bawang goreng.

 

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/09/19/298/1778900/resep-nenek-timlo-hidangan-khas-solo-yang-sedap-dan-hangat-simak-resep-dan-cara-membuatnya-yuk