Sehubungan adanya pembatasan aktivitas dan akses transportasi yang dilakukan oleh beberapa Pemerintah Kota atau Pemerintah Daerah dalam menangani, mengendalikan dan menanggulangi Corona Virus Disease (COVID-19) ,  bersama ini di informasikan bahwa untuk sementara waktu tidak dapat menjanjikan penyampaian kiriman serta ketersediaan produk. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 

Kue Dongkal

Kue Dongkal merupakan salah satu jajanan tradisional khas dari Betawi yang kini sudah jarang ditemui. Kue ini merupakan cemilan sederhana yang sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Bahan baku utama yang digunakan adalah tepung halus yang berasal dari tumbukan beras. Kemudian tepung yang sudah halus dimasukkan ke dalam cetakan tradisional dan diisi dengan gula aren. Uniknya cetakan kue yang digunakan berbentuk kerucut seperti tumpeng yang terbuat dari anyaman. Usai dicetak kemudian adonan dikukus hingga matang. Setelah matang sempurna, dongkal dikeluarkan dari kukusan. Bentuknya akan nampak mirip nasi tumpeng. Permukaannya membentuk pola belang-belang putih dan coklat, terbentuk dari penyusunan tepung beras dan gula aren.

Untuk Anda yang ingin mencicipinya, kue ini bisa Anda temukan di kaki lima daerah Rawa Belong. Bagi yang belum tahu, Dongkal ini merupakan jajanan tradisional khas Betawi. Namun, tak sedikit pula yang menyebutnya sebagai jajanan dari Tanah Sunda. Di Bandung, panganan ini lebih populer dengan nama awug. Konon pada zaman dulu, sajian ini sering jadi bagian dari upacara adat. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Dongkal lebih dikenal sebagai jajanan pasar atau kue tradisional.

https://travelingyuk.com/kue-dongkal-betawi-jakarta/222771/