Sehubungan adanya pembatasan aktivitas dan akses transportasi yang dilakukan oleh beberapa Pemerintah Kota atau Pemerintah Daerah dalam menangani, mengendalikan dan menanggulangi Corona Virus Disease (COVID-19) ,  bersama ini di informasikan bahwa untuk sementara waktu tidak dapat menjanjikan penyampaian kiriman serta ketersediaan produk. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 

Manfaat Timun Suri

  • Buah timun suri merupakan salah satu buah yang sering diburu saat bulan puasa. Buah yang berbentuk lonjong dengan warna hijau kekuningan ini, memiliki tekstur yang lembut juga mengandung banyak air, membuatnya sangat cocok untuk menjadi bahan olahan takjil seperti es buah. Meski dinamakan timun ternyata timun suri tidak termasuk keluarga mentimun, melainkan lebih dekat ke keluarga labu-labuan seperti buah melon.

    Selain bisa enak saat disantap, timun suri juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Buah ini memuat beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitami C, kalium, potasium, dan magnesium yang tinggi. Dilansir dari busy.org, berikut manfaat timun suri yang berguna untuk kesehatan tubuh kita :

    1. Sumber Antioksidan
    Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen hingga lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi.
    Nah, vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata. Seperti yang sudah diketahui anti oksidan memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas sering dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat dicegah oleh zat antioksidan.

    2. Mengandung zat anti kanker
    Siapa sangka buah lembut ini juga bisa berkontribusi menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Hal ini berkat kandungan saponin dalam buah yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

 

  1. Menyehatkan mata
    Timun suri banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. Kandungan asam askorbat dan juga asam caffeic dalam buah sangat berguna untuk membantu pembengkakan di area sekitar mata. Zat tersebut juga sangat berguna dalam membantu mengatasi keluhan mata panda yang sering terjadi akibat kelelahan.

 

  1. Membantu sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh
    Buah timun suri mengandung banyak air dan serat melimpah, tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Teksturnya yang lembut membuat usus tak keberatan untuk mencerna buah timun suri ini.

 

  1. Menjaga tekanan darah
    Timun suri, yang memiliki nama lain timun betik atau barteh, ini memiliki kandungan potassium (kalium), magnesium, dan serat yang dapat berperan dalam membantu menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi stabil atau normal.

    6. Menjaga Kesehatan Sendi
    Hal ini dikarenakan timun suri mengandung senyawa silika yang dapat berperan dalam memperkuat jaringan ikat, yang selanjutnya dapat membuat persendian menjadi lebih kuat dan sehat.

 

  1. Detoksifikasi secara alami
    Timun suri mengandung air dan serat yang cukup tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi). Racun tersebut akan dibuang melalui sisa makanan, baik melalui urin ataupun feses.

    8. Menjaga kesehatan ginjal

Buah timun suri mengandung berbagai mineral, vitamin, dan gabungan lainnya yang dapat membuat ginjal Anda tetap sehat dan terlindungi dari berbagai serangan penyakit yang dapat mengganggu fungsi ginjal.

 

Sumber : https://health.grid.id/read/351729496/diburu-saat-bulan-puasa-ini-8-manfaat-timun-suri-bagi-kesehatan?page=all